Gelar Indonesia-Russia Trade, Tourism and Investment Forum (IRTTIF) 2023

Avatar photo

- Pewarta

Selasa, 21 Maret 2023 - 07:46 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Indonesia akan mempromosikan pariwisata dan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal dalam Indonesia-Russia Trade, Tourism and Investment Forum (IRTTIF). (Dok. IRTTIF 2023)

Indonesia akan mempromosikan pariwisata dan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal dalam Indonesia-Russia Trade, Tourism and Investment Forum (IRTTIF). (Dok. IRTTIF 2023)

INFOEKBIS.COM – Indonesia akan mempromosikan pariwisata dan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal dalam Indonesia-Russia Trade, Tourism and Investment Forum (IRTTIF) yang akan digelar di Moskow, Rusia, pada 21-27 Mei 2023 mendatang.

“Langkah ini merupakan salah upaya untuk mendukung peningkatan kerja sama Indonesia dengan Rusia dan mengembangkan,” Wahid Supriyadi.

“Serta memperkuat kontak bisnis antara pelaku usaha Indonesia dengan mitranya dari Rusia,” imbuhnya, dalam Konferensi Pers IRTTIF 2023 yang berlangsung di Sarinah Jakarta, pada Jumat, 17 Maret 2023 pagi.

Wahid Supriyadi adalah Senior Adviser panitia penyelenggara yang juga Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus tahun 2016-2020.

Selain Wahid, konferensi pers juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia Yang Mulia Lyudmila Vorobieva.

Perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan besarnya potensi wisatawan Rusia bagi Indonesia.

Perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM menyampaikan perlunya upaya promosi produk UKM ke luar negeri, seperti Rusia untuk dapat meningkatkan ekspor Indonesia.

Sementara itu, perwakilan Angkasa Pura II menyampaikan dukungan dalam promosi produk Indonesia ke luar negeri.

Duta Besar Lyudmila Borovieva menggarisbawahi besarnya potensi kerja sama Rusia dan Indonesia, termasuk di bidang perdagangan.

Seperti diketahui, penyelenggaraan IRTTIF 2023 di Moskow ini berkaitan dengan Eurasian Economic Forum (EEF).

Dan akan berupa forum bisnis dan business matching, pameran produk Indonesia, termasuk sektor UMKM, promosi budaya dan pariwisata Indonesia.

Rilisbisnis.com mendukung program publikasi press release di media khusus ekonomi & bisnis untuk memulihankan citra yang kurang baik ataupun untuk meningkatan reputasi para pebisnis/entrepreneur, korporasi, institusi ataupun merek/brand produk.

Hanzela Calista Kusumamenggala selaku koordinator dan penyelenggara IRTTIF 2023 yang juga CEO Inaris dan PT Manna Indonesia Group menyampaikan bahwa kegiatan ini terbuka untuk para pelaku usaha Indonesia yang ingin mengembangkan kerja sama dengan Rusia.

IRTTIF 2023 diorganisir oleh INARIS, PT Manna Indonesia Group, Orvala dan Amarcom, serta didukung oleh berbagai pihak di Indonesia.

Seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Krestif, Kementerian Koperasi dan UKM, Angkasa Pura II, dan PT Sarinah, serta Kedutaan Besar Federasi Rusia dan Perwakilan Perdagangan Federasi Rusia di Jakarta.

Sebagai persiapan IRTTIF 2023, diselenggarakan mini expo produk-produk Indonesia pada 17-19 Maret 2023 di pusat perbelanjaan Sarinah Jakarta.

Pada mini expo ini, lebih dari 151 perusahaan Indonesia akan mempromosikan produknya, seperti pakaian, batik, tas, furnitur bambu, kopi, rempah- rempah, makanan dan minuman, produk kecantikan, dan destinasi wisata Indonesia.

Seperti: Billiton Spice, Ifamoy, Ketam Isi Adena, Tempe Azaki, Ishadi Cual, Prosperofood, Alam Scientia Asia, Angkasa Prima Gemilang, Seplak Batik, Shaniqua Bamboo.

Juga Bakso Geulisss, LaRissso, Mozass, De Vanila, Cocona Care, Heavenly Nest, Lolini, Indokomoditi Putra Sikka, Asita, Mister Cubes Briquette Charcoal.

Kegiatan lain yang dipersiapkan adalah made in Indonesia-made in Russia product showcase di terminal 3 bandara Soekarno-Hatta.

Sementara itu, IRTTIF 2023 di Moskow, Rusia merupakan kegiatan utama Indonesia di Rusia dan direncankan juga IRTTIF 2023 di Indonesia yang merupakan kegiatan utama Rusia di Indonesia pada Oktober 2023.

Potensi kerja sama Indonesia – Rusia

Indonesia memiliki hubungan baik dengan Rusia. Kedua negara juga memiliki potensi kerja sama yang besar di berbagai bidang, seperti ekonomi, perdagangan, pariwisata, investasi, dan sosial budaya.

Di bidang perdagangan, Rusia sebagai pasar potensial bagi produk Indonesia di kawasan Eropa Tengah dan Timur.

Di tengah perkembangan geoekonomi global yang dinamis saat ini, termasuk dampak pandemi Covid-19, nilai perdagangan Indonesia-Rusia meningkat dalam dua tahun terakhir.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan RI, nilai perdagangan Indonesia-Rusia tahun 2022 atau di masa pandemi Covid-19 sebesasr US$ 3,56 miliar, naik 29,87% dari tahun 2021 sebesar US$ 2,74 milliar.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Sementara itu tahun 2020 saat mulai pandemi Covid-19 sebesar US$ 1,93 miliar.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Produk Indonesia dan Rusia bersifat komplimentari.

Produk unggulan Indonesia di pasar Rusia antara lain minyak sawit (CPO), karet alam, kopra, cocoa butter dan minyak nabati, alas kaki, stainless steel, tekstil, minyak hewani dan peralatan elektronik.

Sedangkan produk impor Indonesia dari Rusia seperti produk kimia, pupuk, logam, aluminium, dan produk berteknologi tinggi lainnya.

Rusia merupakan anggota Eurasian Economic Union (EAEU), sehingga dapat dijadikan pintu masuk produk Indonesia ke pasar EAEU yang beranggotakan empat negara lainnya, yaitu Armenia, Belarus, Kazakhstan, dan Kyrgystan.

Pada 5 Desember 2022 Indonesia dan Rusia telah meluncurkan perundingan Indonesia-Eurasian Economic Union Free Trade Agreement (1-EAEU FTA).

Di bidang Investasi, Rusia memiliki minat untuk berinvestasi di Indonesia, seperti di sektor energi dan infrastruktur.

Sementara itu, di bidang pariwisata, Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata warga Rusia, khususnya Bali.

Sebelum pandemi Covid-19 jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia meningkat setiap tahunnya dan jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia merupakan terbesar ke-5 di Eropa setelah Inggris, Perancis, Jerman, dan Belanda.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia tahun 2019 sebanyak 158.943 orang.

Pada tahun 2022, masih dimasa pandemi Covid-19, jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia sebanyak 74.143 orang, naik 783,50% dari tahun 2021 sebanyak 8.392 orang.***

Berita Terkait

BNI Dukung UMKM untuk Masuk Pasar Global dan Tingkatkan Daya Saing di Kancah Internasional
Terkait Serifikat Halal untuk UMKM, Begini Respons Mendag Zulkifli Hasan Soal Usulan Teten Masduki
Kemenkop UKM Evaluasi Kebijakan Daerah yang Kontraproduktif dengan Keentingan UMKM
Cermati Kondisi Global dan Fokus ke Tantangan Domestik dengan Berdayakan UMKM, BRI Bukukan Laba Rp15,98 T
Lembaga Pengelola Dana Bergulir KUMKM Dorong Kalangan Koperasi untuk Akses Dana Bergulir
Sempat Disorot Jokowi, Prabowo Juga Buka Suara Soal Anggaran Stunting Rp 10 M yang Kurang Efisien
Beranggotakan 500 Ribu Orang, Prabowo Subianto Terima Dukungan Komunitas Bakti untuk Rakyat
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Sowan ke Raja Kraton Jogja Sri Sultan Hamengku Buwono X
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:16 WIB

Prabowo Subianto Sebut Indonesia Siap Berperan untuk Upaya Gencatan Senjata Segera di Gaza

Kamis, 6 Juni 2024 - 09:22 WIB

Dugaan Korupsi Pengadaan Fiktif Telkom Group, KPK Sita 2 Kantor di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan

Kamis, 30 Mei 2024 - 15:26 WIB

Begini Duduk Perkara Kuntit Menguntit yang Persoalannya Diselesaikan Kapolri dan Jaksa Agung di Istana Negara

Senin, 27 Mei 2024 - 10:59 WIB

Daftar Lengkap Sebanyak 78 Pejabat Kejaksaan Agung yang Dirotasi Jaksa Agung ST Burhanuddin

Kamis, 23 Mei 2024 - 22:06 WIB

BNSP dan LSP Tandatangani Swakelola PSKK di Jogja, Dorong Kualitas Sertifikasi

Senin, 20 Mei 2024 - 15:12 WIB

Momen Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan CEO SpaceX Elon Musk Bertemu di Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 14:29 WIB

Jokowi Perkenalkan Prabowo Subianto sebagai Presiden Terpilih di 10th World Water Forum 2024 Bali

Jumat, 17 Mei 2024 - 12:31 WIB

BNSP Dorong Sertifikasi Kompetensi Menuju Indonesia Emas 2045

Berita Terbaru