Ninja Xpress Berdayakan UMKM Lewat Aplikasi Ninja Biz

Avatar photo

- Pewarta

Rabu, 11 Oktober 2023 - 19:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Ilustasi Ninja Xpress Membantu UMKM Memajukan Arus Kas dengan Aplikasi Ninja Biz dan Fitur Kirim Dulu, Bayar Kemudian (Docs. NinjaXpress)

Foto: Ilustasi Ninja Xpress Membantu UMKM Memajukan Arus Kas dengan Aplikasi Ninja Biz dan Fitur Kirim Dulu, Bayar Kemudian (Docs. NinjaXpress)

INFOKUMKM.COM – Dalam era digital yang semakin berkembang, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia semakin memerlukan solusi pengiriman paket yang dapat memberikan kemudahan akses dan beragam pilihan metode pengiriman.

Dalam konteks ini, Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman terkemuka berbasis teknologi di Indonesia, telah mengambil langkah proaktif untuk mendukung para UMKM dalam mengelola perputaran kas mereka melalui peluncuran aplikasi Ninja Biz.

Aplikasi ini menawarkan fitur unik “kirim dulu, bayar kemudian,” yang menjadi salah satu fitur andalan dalam ekosistem pengiriman.

Menurut laporan MSME Empowerment tahun 2022, sebanyak 83,8% pengusaha UMKM telah mengadopsi digitalisasi dan teknologi dalam operasional bisnis mereka.

Fenomena transformasi digital yang melanda berbagai sektor bisnis di Indonesia juga memengaruhi UMKM, yang kini semakin mengandalkan platform digital untuk promosi produk hingga pengiriman berbasis teknologi.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress, menggambarkan tantangan utama yang dihadapi oleh para pelaku UMKM, yaitu pengelolaan arus kas.

“Kami menyadari bahwa salah satu tantangan yang dimiliki oleh para pelaku UMKM adalah pengelolaan Cash Flow, sehingga untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM/shipper, kami menyediakan fasilitas pengiriman yang memberikan kemudahan yang tidak hanya dengan layanan penjemputan paket dari rumah tetapi juga menawarkan layanan cash on delivery dalam penjualan barangnya.

Melalui inovasi layanan Ninja Biz, mereka juga dapat menikmati pengiriman paket ke seluruh Indonesia yang lebih mudah karena kirim paket tinggal klik.”

Ninja Xpress juga memastikan bahwa para pelaku UMKM dapat dengan mudah mengakses layanan-layanan tersebut melalui aplikasi Ninja Biz.

Salah satu fitur menarik adalah pelacakan paket secara real-time, yang memungkinkan pengirim untuk melacak lokasi paket mereka dengan cepat.

Ini juga memudahkan penggunaan metode pembayaran COD (Cash on Delivery), yang memungkinkan pengirim untuk menerima pembayaran langsung dari penerima saat paket sampai.

Rilisbisnis.com mendukung program publikasi press release di media khusus ekonomi & bisnis untuk memulihankan citra yang kurang baik ataupun untuk meningkatan reputasi para pebisnis/entrepreneur, korporasi, institusi ataupun merek/brand produk.

Dengan berbagai fitur yang tersedia, Ninja Biz memberikan solusi yang efisien dan nyaman bagi para pelaku UMKM dalam mengelola keuangan dan logistik mereka.

Sejak peluncurannya, hampir 100.000 pengguna internet telah mengunduh aplikasi Ninja Biz, dengan lebih dari 35% shipper aktif yang telah mengirim lebih dari 7.000 kg paket selama bulan September 2023.

Pengiriman terbanyak berasal dari berbagai daerah di Pulau Jawa, dengan destinasi pengiriman terpopuler berada di Tangerang, Sumedang, dan Sukabumi.

Kota Sukabumi, Jakarta, dan Bandung juga menjadi lokasi pengiriman yang ramai.

Mayoritas paket yang dikirim melalui aplikasi Ninja Biz adalah paket berukuran kecil, dengan berat rata-rata sekitar 2 kg per parcel, yang biasanya berisi kosmetik, aksesoris fashion seperti pakaian, jam tangan, kacamata, dan produk lainnya.

Ninja Xpress juga menegaskan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan UMKM dengan menyelenggarakan program Bulan UMKM.

Program ini memberikan diskon tambahan sebesar 30% tanpa syarat untuk pengiriman paket melalui Ninja Biz selama bulan Oktober.

Layanan Ninja Biz ini tersedia baik bagi UMKM maupun pengguna akhir, dan dapat diakses melalui Google Play Store dan App Store.

Selain promosi pengiriman, dalam kerangka program Bulan UMKM, Ninja Xpress juga menyediakan materi bermanfaat yang dapat diunduh.

Ini termasuk serangkaian artikel mini yang berisi wawasan, kiat, dan strategi mengenai berbagai aspek pertumbuhan bisnis, serta template dan daftar cek list bisnis untuk membantu UMKM mengelola operasi harian mereka.

Semua inisiatif ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan bisnis kecil dan memudahkan mereka dalam menghadapi tantangan operasional yang seringkali dihadapi.

Berita Terkait

Kembangkan UMKM Pangan Lokal, Bapanas Komitmen untuk Dorong Penuh Kemandirian Pangan
Agar UMKM Optimal Bangun Ekosistem yang Saling Berkelanjutan, Kementerian BUMN Dorong Kolaborasi
Berkat Holding Ultra Mikro BRI Kini Bisa Topang Ekonomi Keluarga, Kisah Neneng Penjual Kue dan Baju di Pasar Rebo
Manfaatkan KUR BRI, Zialova Batik Sukses Bertransformasi Jadi Produsen Fashion Lokal Favorit di Pekalongan
BNI Dukung UMKM untuk Masuk Pasar Global dan Tingkatkan Daya Saing di Kancah Internasional
Terkait Serifikat Halal untuk UMKM, Begini Respons Mendag Zulkifli Hasan Soal Usulan Teten Masduki
Kemenkop UKM Evaluasi Kebijakan Daerah yang Kontraproduktif dengan Keentingan UMKM
Cermati Kondisi Global dan Fokus ke Tantangan Domestik dengan Berdayakan UMKM, BRI Bukukan Laba Rp15,98 T
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 13:26 WIB

Gus Muhaimin Disebut Ketua Umum NasDem Surya Paloh Sudah Melangkahi Kemajuan yang Dicapainya

Senin, 22 Juli 2024 - 09:07 WIB

Kaesang Pangarep akan Maju Sebagai Gubernur pada Pilkada Jawa Tengah 2024, Begini Isyaratnya

Kamis, 18 Juli 2024 - 14:21 WIB

Termasuk Sudaryono dan Thomas Djiwandono, Presiden Jokowi Lantik 3 Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:00 WIB

Sejumlah Pers Daerah dari Pulau Sumatera hingga Pulau Papua Siap Kolaborasi Menangkan Pilkada 2024

Jumat, 24 Mei 2024 - 19:43 WIB

Penjelasan Istana Soal Presiden Jokowi yang Dipastikan Tak Hadir di Rakernas PDI Perjuangan

Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:58 WIB

Tenaga Ahli Utama KSP Respons Terkait PDI Perjuangan Tak Undang Presiden Jokowi di Rakernas

Selasa, 14 Mei 2024 - 15:29 WIB

Ada Peluang Megawati Soekarnoputri Bertemu dengan Prabowo Subianto, PDIP Sebut Momentumnya

Selasa, 23 April 2024 - 09:22 WIB

Presiden Terpilih Periode 2024 – 2029 Prabowo Subianto Tanggapi Putusan Gugatan Sengketa Pilpres di MK

Berita Terbaru